Cara mudah membuat Installasi windows melalui Flashdisk

hamdiazi.com – kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial tentang bagaimana cara melakukan installasi sistem operasi Windows melalui media perangkat Flashdisk. Sebenarnya saya hanya me repost kembali tentang tutorial ini , karna saya yakin masih banyak juga situs-situs lain nya yang membahas tutorial ini. Namun dalam tutorial ini saya sudah mencobanya dan yang pasti berjalan 100%. Dalam hal installasi sistem operasi windows ini banyak media yang dapat di gunakan dan biasanya media yang paling sering di gunakan yaitu DVD-R atau pun DVD-RW. Media  Installasi juga dapat di lakukan melalui network jaringan , baik lokal maupun public. Namun disini saya share terlebih dahulu dengan menggunakan media Flashdisk perangkat media yang mudah di gunakan dan di bawa kemana saja.

Hal-hal yang harus di persiapkan sebelum membuat Flashdisk menjadi Bootable windows yaitu :

1. Siapkan file Iso Windows yang kalian inginkan, kalian bisa mendownload langsung melalui website resmi yaitu www.microsoft.com.

2. Kemudian siapkan juga Aplikasi yang dapat membuat bootable windows. Disini saya menggunakan Aplikasi Poweriso. Kalian bisa juga langsung mendownload nya melalui website resminya yaitu Poweriso.com, kemudian lakukan Installasi aplikasi tersebut seperti melakukan installasi pada aplikasi lainnya.

3.Siapkan Flashdisk  , 4 GB atau 8 GB sesuaikan dengan kapasitas file iso Windows.

Selanjutnya untuk membuat file iso windows yang di download tadi agar menjadi bootable (dapat melakukan Installasi) perhatikan langkah-langkah di bawah ini :

1.  Hubungkan terlebih dahulu Flashdisk anda ke Laptop / Pc

2. Buka poweriso nya

  • Pilih Tools
  • Kemudian pilih Create Bootable USB Drive

3. Kemudian Pilih lokasi file iso yang telah di download tadi

  • Pilih perangkat (biasanya otomasi terdeteksi karna sebelum membuka aplikasi flashdisk sudah di hubungkan)
  • Jika sudah sesuai silahkan klik start

4. Jika muncul konfirmasi administrator seperti ini , silahkan klik ok saja

5 . Selanjutnya hanya menunggu proses boobtable sampai selesai seperti gambar di bawah ini :

Jika proses seperti gambar diatas telah selesai selanjutnya lakukan proses installasi sistem operasi windows seperti biasanya. Hal yang membedakannya ialah lakukan perubahan pada First boot BIOS menggunakan media USB FLASHDISK dan Second boot nya HDD (Harddisk). Cukup sekian informasi pada kali ini , Semoga bermanfaat .

Untuk lebih lengkapnya tutorial ini , lihat lah melalui video di bawah  ini : 

About the author: Admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *